10 Tips Membuat Konten Ramah SEO friendly

Contoh-artikel-SEO

Mengoptimalkan untuk mesin telusur (SEO) dan pengguna adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk konten Anda.

Namun, membuat konten yang ramah SEO sering kali membutuhkan waktu dan upaya. Tetapi pada akhirnya, akan mendapatkan hasil yang optimal jika Anda melakukannya dengan benar.

Banyak orang berpikir bahwa konten yang dioptimalkan SEO tidak ramah pengguna. Ini sebenarnya merupakan kesalahpahaman total karena konten berkualitas tinggi yang dioptimalkan dengan baik pada dasarnya meningkatkan peluang Anda untuk mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Untuk membantu Anda mendapatkan peringkat konten yang lebih baik di mesin telusur, lihat kumpulan aturan SEO dan Tips membuat konten ramah SEO yang telah saya kumpulkan di artikel ini.

Anda Dapat Mengikuti Tips Ini, 10 Tips Membuat konten ramah SEO

1. Lakukan riset kata kunci

Meskipun SEO condong ke arah mendorong pengguna untuk membuat jenis konten, kata kunci tetap memainkan peran penting. Menemukan kata kunci yang tepat akan membantu Anda mendominasi hasil pencarian dan memuaskan audiens target Anda.
Saat memilih kata kunci target Anda, tentukan hal berikut:

Volume penelusuran untuk kata kunci tertentu dalam jangka waktu tertentu. Menggunakan kata kunci yang salah akan membuang-buang waktu  Anda.

Pahami maksud penelusur di balik kata kunci yang ingin Anda gunakan.

Sumber daya penelitian untuk membuat konten kompetitif sudah muncul di hasil pencarian.

Fokus pada kata kunci ekor panjang. Mereka mungkin memiliki volume pencarian yang rendah, tetapi mereka masih memberikan kemungkinan tinggi untuk mendapat peringkat di SERP. Orang biasanya menggunakan frase kata kunci yang lebih panjang ketika mereka ingin mengetahui informasi yang lebih spesifik tentang topik tertentu.

Berikut adalah beberapa sumber yang bagus untuk memungkinkan Anda melakukan penelitian kata kunci yang sangat baik untuk konten ramah SEO Anda:

2. Buat variasi baru kata kunci target Anda menggunakan Quora. Orang-orang menggunakan alat ini untuk mendiskusikan topik terkait industri yang tidak difilter oleh penelusuran.
3. Gunakan Penelusuran Terkait di Google untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan Anda dan apa maksud dan tujuan mereka.

4. Google Autocomplete akan memberikan saran kata kunci berdasarkan kueri pengguna sebenarnya. Omong-omong, Peringkat SE juga memiliki alat – Saran kata kunci – yang membantu memilih kata kunci seperti cara orang melakukan pencarian.

5. Cari halaman topik khusus di Wikipedia. Ini adalah sumber daya online yang dibuat oleh orang yang dipercaya, digunakan, dan dirujuk orang. Itu juga berperingkat sangat tinggi di SERP.

6. Jangkau forum industri yang berbeda untuk melihat pertanyaan dan topik apa yang diminati pelanggan atau visitor Anda.
7. Memata-matai pesaing utama Anda dan mencari tahu kata kunci mana yang mengarahkan banyak lalu lintas berkualitas.
8. Temukan ide kata kunci di Amazon. Ini memiliki dominasi total hasil pencarian organik untuk kata kunci transaksional apa pun.

Setelah Anda menemukan kata kunci target, pastikan untuk memasukkannya di tempat yang tepat:

Judul Dengan Kata Kunci

URL Dengan kata kunci

Deskripsi meta: simpan antara 150-160 karakter

Dalam konten Anda: gunakan kata kunci dalam tag H1-H6

Nama gambar dan tag gambar alternatif

Perhatikan bahwa penggunaan kata kunci yang berlebihan akan menghambat keterbacaan konten Anda. Jadi hindari melakukan ini dan jangan membingungkan pembaca Anda. Selain itu – hindari isian kata kunci.

Buat postingan blog dan jenis konten lain yang memecahkan masalah atau menjawab pertanyaan audiens Anda. Sertakan kata kunci Anda di seluruh konten dengan cara yang alami.

2. Susun konten Anda

Jika Anda ingin membuat konten yang hebat, ikuti struktur yang solid.
Pertama, kenali bagian utama dari postingan Anda. Membaginya menjadi beberapa bagian dapat membuat tulisan Anda lebih mudah dan lebih cepat. Setelah Anda menyusun konten Anda, Anda dapat mengerjakan setiap bagian secara terpisah tanpa waktu untuk mengatur pikiran Anda.

Setiap bagian konten harus mencakup pendahuluan, isi utama, dan kesimpulan. Anda dapat membagi tubuh menjadi beberapa bagian dan menulis konten Anda yang menunjukkan kepribadian Anda dan beresonansi dengan audiens Anda.

Sesuatu yang orang mungkin lewatkan adalah membuat kesimpulan mereka sebaik mungkin. Akhiri konten Anda dengan ajakan bertindak yang kuat agar orang-orang mengambil tindakan yang diinginkan.

3. Buat judul yang menarik

Judul memiliki dampak besar pada tujuan SEO Anda dan keramahan pengguna.
Judul yang deskriptif dan menarik dapat membantu pembaca mengetahui tentang postingan blog Anda, dan apa yang akan mereka dapatkan dari membacanya.

Untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi, optimalkan judul Anda untuk SEO dengan mengikuti tip sederhana ini:

Gunakan kata kunci target Anda di awal judul Anda.

Pertahankan judul Anda di bawah 60 karakter. Google menampilkan 60 karakter pertama dalam hasil pencarian.

Pastikan untuk mendeskripsikan konten postingan secara akurat.

Setelah Anda membuat judul, lihat skor keseluruhannya dengan CoSchedule. Alat ini menunjukkan analisis tata bahasa, keterbacaan, dan panjang judul Anda. Anda juga akan mendapatkan Pratinjau Penelusuran Google dan Pratinjau Baris Subjek Email.

Untuk memikat audiens dan meningkatkan RKT, Anda dapat menggunakan pengubah emosional dalam judul, seperti "terbaik", "luar biasa", "lucu", "gratis", "cara", "mengejutkan", dan seterusnya.

Tag judul

Membuat subtitle yang menarik akan meningkatkan keterbacaan konten Anda. Menggunakan subtitle dalam mode hierarkis sangat penting. Judul posting blog hanya boleh berisi satu tag h1 pada halaman dan menyertakan kata kunci target. Bagian utama harus berisi tag h2, dan subbagian harus h3.

Masuk akal untuk membuat tag heading yang berbeda. Menggunakan tag serupa dapat menyesatkan pengguna dan mesin telusur bahwa Anda menyajikan informasi yang sama dua kali.

4.  Membuat URL yang SEO friendly

URL yang dibuat dengan baik adalah salah satu elemen SEO terpenting.
Menurut Backlinko, URL adalah faktor peringkat yang signifikan. Mereka memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, dan lebih mudah untuk dibagikan.

Saat membuat URL ramah SEO, gunakan aturan berikut:

Sertakan kata kunci target untuk setiap halaman. Itu akan meningkatkan visibilitas pencarian situs web Anda dan membantu mesin pencari mengkategorikan dan mengidentifikasi halaman dengan lebih baik.

Persingkat URL Anda dengan menghapus kata-kata yang tidak perlu. Rata-rata URL harus sekitar 60 karakter atau tiga hingga lima kata.

Gunakan tanda hubung untuk memisahkan kata. Misalnya, https://www.techno-ct2.eu.org/2021/09/10-tips-membuat-konten-ramah-seo/

Gunakan huruf kecil. Huruf besar dapat menyebabkan pengalihan atau kesalahan 404 pada beberapa server.

Hindari kata berhenti, seperti a, an, but, dan or.

Jaga agar URL Anda tetap sederhana, menarik, dan relevan.

5. Gunakan paragraf kecil

Satu hal yang perlu diingat adalah untuk menjaga paragraf Anda pendek.
Ini tidak berarti bahwa setiap kalimat harus dimulai pada baris baru, tetapi paragraf harus disusun secara logis dan memiliki ide sendiri. Tetap berpegang pada paragraf kecil (sekitar 2-3 kalimat).
Gunakan opsi pemformatan yang berbeda, seperti menambahkan poin-poin, menyorot teks, mengubah font Anda. Itu memudahkan pengguna seluler untuk membaca konten dan membuat konten Anda tidak membosankan.

6. Optimalkan meta deskripsi

meta Deskripsi adalah ringkasan konten Anda yang digunakan Google untuk ditampilkan di bawah judul Anda di hasil pencarian. Penting untuk membuatnya menarik dan informatif untuk mendorong pembaca mengklik posting blog Anda.

Meta Deskripsi harus menjelaskan tentang artikel Anda dan menyertakan kata kunci target Anda. Panjang deskripsi meta antara 155-160 karakter.

Tidak ada jaminan bahwa deskripsi meta asli yang Anda kerjakan akan muncul di hasil pencarian.
Jadi, solusi terbaik adalah mencari tahu kata kunci target Anda dan memasukkannya secara alami ke dalam deskripsi meta Anda. Jika Google menemukan kecocokan dalam deskripsi meta Anda, mereka mungkin akan menggunakan tag Anda.

7. Optimalkan gambar

Menyertakan dan mengoptimalkan gambar dalam konten Anda adalah cara yang bagus untuk menyampaikan poin Anda secara efektif dan meningkatkan pengalaman pembaca. Optimalisasi gambar mirip dengan SEO tradisional.

Google Gambar tidak dapat membaca teks dalam gambar, tetapi dapat menafsirkan konten gambar untuk menentukan relevansi gambar dalam hasil penelusuran. Anda perlu memberikan teks Alt yang tepat dan judul deskriptif, keterangan dan nama file.

Teks ALT tidak terlihat oleh pengunjung situs web, tetapi mesin pencari menggunakan informasi ini untuk memahami subjek gambar dengan lebih baik. Jika gambar tidak dimuat pada perangkat tertentu, orang akan melihat teks ALT sebagai gantinya. Cobalah untuk membuat konten yang bermanfaat dan informatif yang berisi kata kunci inti Anda secara tepat dan alami dalam teks ALT Anda.

8. Tambahkan tautan yang masuk akal

Setiap kali Anda menulis posting blog baru, sertakan beberapa kata, statistik, atau poin yang dapat mengambil manfaat dari klarifikasi lebih lanjut.

Artinya, jangan menahan diri untuk tidak menambahkan tautan internal dan eksternal ke artikel Anda. Mereka membantu pembaca Anda menjelajahi topik secara lebih mendalam sambil tetap fokus pada poin utama.

Tautan internal adalah cara yang efektif untuk: membantu mesin telusur memahami relevansi konten Anda, membuat pembaca Anda menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda, dan mengurangi rasio pentalan. Menautkan ke sumber daya eksternal yang berguna seperti Wikipedia akan membangun kepercayaan dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Selain itu, Anda juga ingin menambahkan teks jangkar deskriptif ke tautan karena orang dapat lebih memahami tentang apa tautan itu. Cobalah untuk menggunakan jumlah tautan yang masuk akal. Tidak ada yang tahu jumlah link yang harus Anda sertakan. Pastikan saja tautan Anda relevan, alami, dan bermanfaat bagi pembaca.

9. Gunakan panjang konten yang optimal

Untuk posting blog biasa, 300 hingga 500 kata harus menjadi jumlah kata minimum.
Ini karena Google menyukai konten yang lebih panjang karena cenderung mendapatkan lebih banyak suka dan sebutan di media sosial.

Oleh karena itu, posting yang lebih panjang memiliki peluang bagus untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam pencarian.
Panjang konten yang optimal adalah sekitar 2000 kata. Tapi itu seharusnya tidak menjadi tujuan nomor satu Anda untuk menulis 2000 kata setiap saat.

Pertama dan terpenting, Anda perlu menyediakan konten yang paling berguna dan informatif bagi pembaca Anda yang menentukan tujuan pencarian mereka.

Kualitas lebih penting daripada kuantitas. Jadi, periksa konten peringkat teratas Anda untuk melihat artikel apa yang paling banyak dilihat dan menganalisis dampak dari panjang konten.

10. Optimalkan konten Anda untuk seluler

Sekarang penggunaan internet seluler/tablet mencapai 56% secara global.
Mengoptimalkan blog Anda untuk perangkat seluler adalah suatu keharusan bagi mesin telusur, karena Google sekarang memberi peringkat lebih tinggi pada situs web ramah seluler.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki desain situs web yang responsif karena Google menghukum situs yang tidak ramah seluler.

Anda juga ingin menyesuaikan desain web Anda untuk perangkat seluler, tablet, dan desktop.
Navigasi dan tata letak yang sederhana memudahkan pengguna menemukan semua informasi yang diperlukan dengan cepat. Ini berarti Anda ingin menganalisis kecepatan memuat situs Anda. Gunakan Accelerated Mobile Pages untuk membuat konten yang dimuat secara instan dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Untuk memeriksa apakah situs Anda memiliki masalah, seperti kecepatan situs, pengoptimalan seluler, validasi HTML, dll., saya merekomendasikan Audit Situs Web Peringkat SE. Alat ini mengevaluasi semua parameter utama dan memberikan kiat yang dapat ditindaklanjuti tentang cara memperbaiki masalah jika perlu.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !