Sejarah hidup Versi Android dari 1.0 hingga 12

Jelajahi evolusi Android yang sedang berlangsung dengan garis waktu visual versi ini, mulai SM (Sebelum Cupcake) dan terus berlanjut hingga rilis Android 12 tahun 2021.

Sungguh perjalanan yang panjang dan aneh.

Dari rilis perdananya hingga hari ini, Android telah bertransformasi secara visual, konseptual, dan fungsional - berkali-kali. Sistem operasi seluler Google mungkin mulai kacau, tapi tahukah Anda, apakah itu pernah berevolusi.


Berikut adalah tur cepat menyoroti versi Android dari awal platform hingga saat ini. (Silakan lewati jika Anda hanya ingin melihat yang baru di Android 11 atau Android 12.)



  • 1• Versi Android 1.0 hingga 1.1: Masa-masa awal

Android membuat debut publik resminya pada tahun 2008 dengan Android 1.0 - rilis yang sangat kuno bahkan tidak memiliki nama kode yang lucu.


Hal-hal yang cukup mendasar saat itu, tetapi perangkat lunak tersebut memang menyertakan rangkaian aplikasi Google awal seperti Gmail, Maps, Kalender, dan YouTube, yang semuanya terintegrasi ke dalam sistem operasi - sangat kontras dengan model aplikasi mandiri yang lebih mudah diperbarui. dipekerjakan hari ini.


  • Android versi 1.5: Cupcake


Dengan rilis awal tahun 2009 Android 1.5 Cupcake, tradisi nama versi Android lahir. Cupcake memperkenalkan banyak penyempurnaan pada antarmuka Android, termasuk keyboard di layar pertama - sesuatu yang diperlukan saat ponsel menjauh dari model keyboard fisik yang dulu ada di mana-mana.


Cupcake juga menghadirkan kerangka kerja untuk widget aplikasi pihak ketiga, yang dengan cepat akan berubah menjadi salah satu elemen Android yang paling menonjol, dan menyediakan opsi platform pertama untuk merekam video.



  • Versi Android 1.6: Donut


Android 1.6, Donut, diluncurkan ke dunia pada musim gugur 2009. Donat mengisi beberapa lubang penting di pusat Android, termasuk kemampuan OS untuk beroperasi pada berbagai ukuran dan resolusi layar yang berbeda - sebuah faktor yang sangat penting di tahun-tahun mendatang. Itu juga menambahkan dukungan untuk jaringan CDMA seperti Verizon, yang akan memainkan peran kunci dalam ledakan Android yang akan segera terjadi.



  • Versi Android 2.0 hingga 2.1: Eclair


Menjaga kecepatan rilis yang sangat tinggi dari tahun-tahun awal Android, Android 2.0 Eclair, muncul hanya enam minggu setelah Donut; pembaruan "point-one" -nya, juga disebut Eclair, keluar beberapa bulan kemudian. Eclair adalah rilis Android pertama yang memasuki kesadaran arus utama berkat ponsel Motorola Droid asli dan kampanye pemasaran besar-besaran yang dipimpin Verizon yang mengelilinginya.


Elemen paling transformatif dari rilis ini adalah penambahan navigasi belokan demi belokan dengan panduan suara dan info lalu lintas waktu nyata - sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terdengar (dan masih belum tertandingi) di dunia ponsel cerdas. Selain navigasi, Eclair menghadirkan wallpaper animasi ke Android serta fungsi ucapan-ke-teks pertama di platform tersebut. Dan itu membuat gelombang untuk menyuntikkan kemampuan pinch-to-zoom eksklusif iOS ke dalam Android - sebuah langkah yang sering dilihat sebagai percikan yang memicu "perang termonuklir" jangka panjang Apple melawan Google.



  • Versi Android 2.2: Froyo


Hanya empat bulan setelah Android 2.1 tiba, Google menghadirkan Android 2.2, Froyo, yang sebagian besar berkisar pada peningkatan kinerja di bawah kap.


Froyo memang menghadirkan beberapa fitur penting yang menghadap ke depan, termasuk penambahan dok yang sekarang menjadi standar di bagian bawah layar beranda serta inkarnasi pertama dari Tindakan Suara, yang memungkinkan Anda melakukan fungsi dasar seperti mendapatkan petunjuk arah dan membuat mencatat dengan mengetuk ikon dan kemudian mengucapkan perintah.


Khususnya, Froyo juga membawa dukungan untuk Flash ke peramban web Android - sebuah opsi yang signifikan baik karena penggunaan Flash yang meluas pada saat itu dan karena pendirian keras Apple untuk tidak mendukungnya di perangkat selulernya sendiri.


Apple pada akhirnya akan menang, tentu saja, dan Flash akan menjadi jauh lebih jarang. Tetapi kembali ketika masih ada di mana-mana, dapat mengakses web penuh tanpa lubang hitam adalah keuntungan asli yang hanya dapat ditawarkan oleh Android.


  • Versi Android 2.3: Gingerbread


Identitas visual sejati pertama Android mulai menjadi fokus dengan rilis Gingerbread 2010. Hijau cerah telah lama menjadi warna maskot robot Android, dan dengan Gingerbread, ini menjadi bagian integral dari tampilan sistem operasi. Hitam dan hijau merembes ke seluruh UI saat Android memulai perjalanannya yang lambat menuju desain yang khas.



  • Android 3.0 hingga 3.2: Honeycomb


Periode Honeycomb 2011 adalah momen aneh untuk Android. Android 3.0 hadir di dunia sebagai versi khusus dari tablet untuk menemani peluncuran Motorola Xoom dan melalui pembaruan 3.1 dan 3.2 di bawah ini, tetap merupakan entitas eksklusif tablet (dan sumber tertutup).


Di bawah panduan kepala desain baru Matias Duarte, Honeycomb mempresentasikan UI yang didesain ulang secara dramatis untuk Android. Ini memiliki desain "holografik" sebagai ruang yang menukar platform merek hijau dengan warna biru dan menekankan penggunaan ruang layar tablet secara optimal.


Meskipun konsep antarmuka khusus tablet tidak berlangsung lama, banyak ide sarang lebah adalah dasar bagi Android yang kita kenal hari ini. Perangkat lunak ini adalah yang pertama menggunakan tombol pada layar untuk perintah navigasi utama Android; Tandai awal dari akhir untuk tombol menu tambahan permanen; dan masukkan konsep UI sebagai kartu dengan daftar daftar aplikasi terbaru.


Android 4.0 juga meluncur sebagai metode yang lebih komprehensif untuk menghindari sistem operasi, dengan kemampuan perasaan revolusioner untuk menghilangkan hal-hal sebagai pemberitahuan dan aplikasi terbaru. Dan proses yang lambat mulai membawa kerangka kerja desain standar, yang dikenal sebagai "Holo",


di seluruh sistem operasi dan ekosistem aplikasi Android.


  • Versi Android 4.1 hingga 4.3: Jelly Bean


Tersebar dalam tiga versi Android yang berpengaruh, rilis Jelly Bean pada 2012 dan 2013 mengambil Yayasan ICS baru dan membuat langkah penting untuk menyempurnakannya dan mengembangkannya. Versi ini menambah banyak ketenangan dan kesempurnaan ke sistem operasi dan sangat berguna untuk membuat Android lebih menarik bagi pengguna rata-rata.


Selain visual, Jelly Bean menyajikan perasaan pertama kami tentang Google sekarang, utilitas kecerdasan prediktif spektakuler yang, sayangnya, menjadi sumber berita yang dimuliakan.


Ini memberi kami pemberitahuan ekspansi dan interaktif, sistem pencarian suara yang diperluas, dan sistem yang lebih canggih untuk menunjukkan hasil pencarian secara umum, dengan fokus pada hasil berdasarkan kartu yang mencoba menjawab pertanyaan secara langsung.


Dukungan multigeguna juga berperan, meskipun hanya pada tablet saat ini, dan versi awal panel konfigurasi cepat Android muncul terlebih dahulu. Jelly Bean menawarkan sistem yang sangat populer untuk meletakkan widget di layar pemblokirannya, yang, sebanyak fitur Android lainnya selama bertahun-tahun, menghilang secara diam-diam beberapa tahun kemudian.


  • Versi Android 4.4: Kitkat


Melepaskan Akhir Kitkat 2013 menandai ujung era gelap Android, karena roti jahe hitam dan Honeycomb biru akhirnya meninggalkan sistem operasi. Latar belakang yang lebih cerah dan fokus yang lebih netral menggantikan tempatnya, dengan bilah status transparan dan ikon putih yang memberikan layar sistem operasi yang lebih kontemporer.


Android 4.4 juga melihat "perjanjian, versi dukungan Google", tetapi dalam KitKat, bentuk aktivasi tangan bebas hanya berfungsi ketika layar Anda aktif dan ada di layar beranda atau aplikasi Google.


Versi ini adalah upaya pertama Google untuk mengklaim layar penuh beranda untuk layanan Anda, setidaknya, untuk pengguna Nexus sendiri dan mereka yang memilih untuk mengunduh Launcher Mandiri pertama.


  • Versi Android 5.0 dan 5.1: Lollipop


Google pada dasarnya menginstal ulang Android, sekali lagi, dengan peluncuran Android 5.0 Lollipop pada musim gugur 2014. Lollipop meluncurkan bahan desain standar yang masih hingga sekarang, yang menyediakan aspek baru yang meluas pada semua produk Android, aplikasi, dan bahkan Google lainnya Produk.


Konsep berbasis kartu yang telah menyebar sepanjang Android adalah pola dasar UI: pola yang akan memandu Anda dari notifikasi, yang sekarang muncul pada layar kunci untuk akses sekilas, hingga daftar kartu terbaru, yang membawa kartu, yang membawa kartu -Basis menunjukkan terang-terangan.


Lollipop menyajikan banyak fungsi baru di Android, termasuk kontrol suara yang benar-benar gratis melalui perintah "OK, Google", mendukung banyak pengguna dalam mode seluler dan prioritas untuk manajemen pemberitahuan yang lebih baik. Sayangnya, itu banyak berubah, sehingga juga memperkenalkan banyak kesalahan yang mengganggu, banyak di antaranya tidak akan sepenuhnya ditingkatkan sampai rilis 5,1 tahun berikutnya.


  • Android versi 6.0: marshmallow


Dalam skema luas, Marshmallow 2015 adalah versi Android yang sangat kecil, yang terlihat lebih pada pembaruan 0,1 level daripada yang memenuhi syarat untuk mendapatkan gelombang angka penuh. Tetapi mulai Google Trend yang merilis versi utama Android per tahun dan versi selalu menerima bilangan bulatnya sendiri.


Elemen marshmallow yang paling menarik adalah fungsi pencarian layar yang sekarang disebut pada Ketuk: Sesuatu, seperti yang saya katakan pada saat itu, ia memiliki banyak potensi yang belum sepenuhnya digunakan. Google tidak pernah hanya menyempurnakan sistem dan akhirnya berhenti secara diam-diam merek dan menghilangkannya dari garis depan tahun berikutnya.


Android 6.0 memperkenalkan beberapa hal dengan dampak abadi, yang mencakup lisensi aplikasi yang lebih rinci, dukungan untuk pembaca sidik jari dan dukungan untuk USB-C.



  • Versi Android 7.0 dan 7.1: Nougat


Peluncuran Android Nougat Google 2016 memberikan mode layar Android yang terbagi asli, sistem baru yang disertakan oleh aplikasi untuk mengkonfigurasi notifikasi dan karakteristik pelindung data. Nougat menambahkan beberapa fitur yang lebih kecil tetapi masih signifikan, seperti pintasan sebagai tab alt untuk bergerak di antara aplikasi.


Mungkin hal yang paling penting di antara kenaikan Nougat adalah peluncuran Google Assistant, yang datang bersama dengan pengumuman ponsel sepenuhnya terbuat dari Google, Pixel, sekitar dua bulan setelah debut Tongat. Asisten kemudian menjadi komponen penting Android dan sebagian besar produk Google lainnya dan, mungkin, ada kemungkinan bahwa upaya utama perusahaan saat ini.


  • Versi Android 8.0 dan 8.1: Oreo


Android Oreo menambahkan berbagai kemudahan ke platform, termasuk mode gambar gambar dalam gambar, opsi penundaan notifikasi dan saluran pemberitahuan yang menawarkan kontrol yang baik tentang bagaimana aplikasi dapat memperingatkan Anda.


Rilis 2017 juga mencakup beberapa elemen penting yang mempromosikan tujuan Google untuk menyelaraskan Android dan Chrome OS dan meningkatkan pengalaman melalui aplikasi Android di Chromebook,


dan ini adalah versi pertama Android yang menunjukkan proyek treble: upaya ambisius untuk membuat basis modular. Untuk kode Android dengan harapan memfasilitasi produsen perangkat Android untuk memberikan pembaruan perangkat lunak tepat waktu.


  • Versi Android 9: Kaki


Aroma kaki Android yang baru dipanggang, Oridro 9, masukkan ekosistem Android pada Agustus 2018. Kue perubahan transformator yang paling transformator adalah tombol manajemen / navigasi sistem hybrid, yang menukar tombol kembali, rumah dan ringkasan Android tradisional menjadi besar, tombol Dan tombol rumah multifungsi kembali kecil yang muncul di sisi Anda sesuai kebutuhan.


Kue ini juga mencakup beberapa fitur produktivitas yang harus dicatat, seperti respons yang direkomendasikan universal untuk pemberitahuan pesan, kontrol digital baru dari panel kontrol dan sistem yang lebih cerdas untuk manajemen daya dan kecerahan layar. Dan,


tentu saja, tidak ada kekurangan lebih banyak kemajuan, tetapi masih tersembunyi secara signifikan dalam semua kue kargo, termasuk cara yang lebih cerdas untuk menangani titik akses Wi-Fi, ketuk mode hemat baterai Android, dan beberapa perbaikan privasi dan keselamatan.


  • Versi Android 10.


Google Meluncurkan Android 10: Versi pertama Android yang meluncurkan huruf dan hanya dikenal sebagai angka, tanpa pencuci mulut tematik moniker, pada September 2019.


Perangkat lunak paling mengejutkan, perangkat lunak ini menyajikan antarmuka yang benar-benar direorganisasikan untuk gerakan Android, kali ini Menghilangkan secara keseluruhan, dengan tombol kembali yang dapat digunakan dan mengandalkan pendekatan penuh untuk navigasi sistem. (Jika Anda memilihnya, itu;


tidak seperti berdiri, Android 10 juga mencakup sistem navigasi tombol android tradisional sebagai opsi pada semua ponsel).


Di belakang kanvas, Android 10 memperkenalkan konfigurasi baru untuk memperbarui gaya pemasangan panas yang pada akhirnya akan memungkinkan peluncuran tambalan kecil yang berfokus erat dan lebih cepat dan lebih konsisten. Dan perangkat lunak ini memiliki banyak perbaikan penting lainnya, termasuk sistem lisensi yang diperbarui yang memberi Anda lebih banyak kendali atas bagaimana dan kapan aplikasi dapat mengakses data lokasi dan sistem yang diperluas untuk melindungi pengidentifikasi perangkat unik (yang dapat digunakan untuk melacak kegiatan. dari waktu perangkat ke waktu).


Selain itu, Android 10 termasuk tema gelap dari seluruh sistem, mode fokus baru yang memungkinkan Anda membatasi gangguan aplikasi tertentu dengan hit di layar dan memperbaiki menu Exchange Android yang telah lama ditunda.


Dia juga memperkenalkan fungsi teks otomatis baru yang memungkinkan Anda menghasilkan teks visual pada waktu itu untuk sarana apa pun yang dimainkan di ponsel Anda: video, podcast atau bahkan perekaman suara biasa. Fungsi ini memulai debutnya di ponsel pixel milik Google dan berjalan perlahan ke lebih banyak perangkat dari sana.


  • Versi 11 Android.


Android 11, dirilis pada awal September 2020, adalah pembaruan Android yang cukup jauh di bawah kap dan di permukaan. Perubahan paling signifikan dalam versi ini berputar di sekitar privasi: Pembaruan didasarkan pada sistem lisensi yang diperluas yang diperkenalkan di Android 10 dan menambahkan kapasitas pengguna untuk memberikan izin tertentu ke aplikasi: terkait dengan akses lokasi, hanya akses ke kamera dan akses ke-mikrofon, pada basis yang terbatas dan sekali pakai.


Android 11 juga mendorong lokasi perizinan terbaru yang lebih dalam ke dalam sistem dan mempersulit permintaan permintaan (dan, oleh karena itu, kemungkinan bagi pengguna secara tidak sengaja). Dan itu menyajikan fungsi-fungsi baru di mana aplikasi yang tidak terbuka selama beberapa bulan akan dicabut secara otomatis, kecuali Anda secara aktif memilih diotorisasi ulang.


Selain itu, Android 11 menghilangkan kemampuan aplikasi untuk melihat aplikasi lain yang diinstal pada ponsel Anda, sesuatu yang benar-benar memungkinkan hingga versi ini, dan membatasi cara aplikasi dapat berinteraksi dengan penyimpanan lokal Anda untuk melindunginya dengan lebih baik. informasi.


Penting, tidak terlihat, android 11 lebih dari dua kali jumlah elemen yang disertakan dengan sistem operasi sekarang, sebagai modul independen sendiri, seperti aplikasi di toko game, pada dasarnya, dan, oleh karena itu, dapat diperbarui secara langsung oleh Google, sering dan universal dan tanpa perlu pabrikan partisipasi atau operator. Dan untuk mendapatkan fitur yang lebih terlihat dan berorientasi pengguna, Android 11 sempurna area pemberitahuan sistem untuk menekankan dan menyederhanakan peringatan yang terkait dengan percakapan; Masukkan pemutar multimedia yang efisien baru yang berisi kontrol untuk semua aplikasi pemutaran audio dan video di sebuah ruangan; Dan tambahkan menu kontekstual baru dari kontrol perangkat yang terhubung ke produk pintar apa pun yang terkait dengan akun Anda (meskipun beberapa fitur ini memerlukan sedikit penyesuaian manual untuk dapat bekerja secara optimal).


Akhirnya, tetapi tidak kalah pentingnya, Android 11 menandai debut gelembung yang sudah lama ditunggu-tunggu, jenis sistem multitasking baru yang dibahas untuk pertama kalinya pada 2019, tetapi kemudian meletakkan sponsor belakang sejauh ini. Dengan aplikasi yang mendukung sistem, gelembung memungkinkan Anda untuk membawa percakapan ke jendela apung yang muncul pada apa yang Anda lakukan dan dapat diringkas dalam gelembung apung kecil yang tetap mudah diakses untuk ekspansi.


Android 11 memiliki banyak perbaikan kecil tetapi signifikan lainnya, yang mencakup bagian baru dari sejarah notifikasi, fungsi perekaman layar asli dan sistem pemrograman otomatis untuk topik gelap di seluruh sistem.


  • Versi 12 Android (Pratinjau Pengembang)


Google mempresentasikan versi pertama Android 12 pratinjau pada bulan Februari, dan bergerak dari pratinjau Android sebelumnya, versi awal ini benar-benar pratinjau pengembang sejati, diarahkan langsung ke pengembang dan dengan sedikit perubahan maju dan relevan dengan pengguna. Atau menambahkan hingga sekarang.


Namun, serangkaian kebocoran dan beberapa penggalian kode serius memberi kami setidaknya satu gambar awal dari apa yang dapat dimasukkan dalam versi Android ini. Tanda-tanda awal menunjukkan bahwa Android 12 akan menunjukkan fokus yang lebih besar pada keamanan, dengan kontrol baru untuk memantau akses ke mikrofon dan kamera, dan beberapa kemajuan khusus dari perusahaan; Desain, dengan beberapa perubahan signifikan mungkin dalam bahasa visual Android dan sistem topik asli tambahan yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan skema warna tidak hanya dari sistem operasi itu sendiri, tetapi juga aplikasi di dalamnya; Dan widget, dengan waktu kembali untuk memfokuskan fungsi widget Android, yang luar biasa, tetapi telah diabaikan untuk waktu yang lama (karena, ERM, tidak ada yang jelas, saya yakin).


Di luar daerah, kita telah melihat banyak perubahan kecil yang tampaknya tidak mungkin menjadi unsur-unsur Marquester yang ditekankan sebagai bagian dari pembaruan, tetapi masih dapat sangat relevan dalam hal nilai praktis sehari-hari. Fitur yang mungkin, misalnya, memungkinkan ponsel untuk mendeteksi di mana kepala Anda menghadap, melalui kamera depan, dan kemudian secara otomatis menyesuaikan orientasi layar Anda untuk menyesuaikannya kapan saja. Tambahan lain yang dapat mencakup beberapa peningkatan bermanfaat untuk sistem gambar gambar dan beberapa pembaruan yang meningkatkan keandalan sistem gerakan Android.


Google diharapkan untuk mengambil pratinjau total pengembang perangkat lunak sebelum berubah menjadi versi beta publik yang lebih lengkap dan representatif pada bulan Mei. Tiga versi beta lainnya akan mengikuti, dengan versi final yang saat ini dijadwalkan sekitar Agustus atau nanti.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !